Tidak Menjaga kesehatan area kewanitaan dapat memicu masalah, meningkatkan resiko penyakit, serta mengganggu kehidupan seksual. Vagina merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Meski begitu, sebagai wanita tetap harus melakukan perawatan agar kesehatan organ ini selalu terjaga. Berikut ciri-ciri miss V yang sehat :

  1. Aroma yang Khas 

Setiap wanita dan tentunya setiap vagina memiliki aroma yang khas. Vagina yang sehat  akan mengeluarkan bau yang agak asam, seperti cuka dan bisa tercium dari jarak kira-kira 30 sentimeter.

  1. Tidak Gatal 

Miss V yang sehat dan normal tidak akan memicu rasa gatal yang tidak wajar. Sebab gatal yang muncul bisa menjadi tanda adanya infeksi pada vagina.

  1. Keputihan Normal

Keputihan atau keluarnya cairan dari Miss V adalah hal yang wajar dan hampir pasti terjadi. Vagina yang sehat tidak akan mengeluarkan keputihan yang ditandai bau tidak sedap, cairan keluar berwarna hijau dan kental, disertai rasa sakit dan gatal.

  1. Tidak Ada Benjolan 

Benjolan dan iritasi pada area Miss V bisa menjadi gejala gangguan pada vagina Disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan pada area Miss V setiap membersihkannya. Dengan begitu, bisa segera tahu jika ada kelainan atau perubahan yang terjadi di area ini.

  1. Tidak Berbau Busuk 

Miss V yang sehat akan memiliki aroma sedikit asam. Jika vagina mengeluarkan bau tidak waja sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Ini bisa menjadi gejala penyakit yang berdampak fatal jika dibiarkan.

  1. Tidak Terasa Sakit 

Miss V yang sehat tidak akan terasa sakit. Sebab, bisa jadi nyeri pada vagina merupakan gejala awal dari penyakit tertentu, termasuk penyakit menular seksual.

https://www.halodoc.com/wanita-wajib-tahu-ini-6-ciri-miss-v-sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *